Root atau rooting bisa di samakan dengan Jailbreak pada iOs atau Apple device. Pada dasarnya Rooting memberikan kita akses secara penuh untuk memodifikasi OS (sistem) pada Android device kita. Modifikasi ini dilakukan dengan mengubah ROM atau Firmware device kita. Banyak user (pengguna) Android yang masih awam ragu untuk melakukan rooting pada Device Android mereka, bagi para expert user (pengguna yang sudah mahir) hal ini merupakan suatu keuntungan apabila device Android mereka bisa di root.
Untuk memudahkan kalian  menentukan apakah device Android  kalian harus di root atau tidak, berikut sedikit ulasan tentang beberapa keuntungan dan kerugian rooting device Android.

Keuntungan :
  1. Uninstall aplikasi bawaan vendor (aplikasi sistem) yang tidak bisa di uninstall apabila belum di root.
  2. Backup sistem dan aplikasi, sehingga memudahkan user one to one dengan device Android yang sama. Contoh aplikasi backup "Titanium Backup".
  3. Bisa diinstall dengan Custom ROM
  4. Bisa Overclock CPU, tapi overclock CPU mempunyai dua sisi, di satu sisi meningkatkan peforma CPU namun di sisi lain membuat konsumsi baterai lebih boros (Catatan : overclock CPU harus di lakukan dengan hati-hati karena bisa merusak hardware akibat panas yang terlalu berlebih).
  5. Memungkinkan kita untuk menginstall aplikasi pada memori eksternal (SD Card).
  6. Ad-Free (tidak ada iklan), dapat melakukan blok akses internet untuk beberapa aplikasi dan dapat memblok iklan.
Kerugian :
  1. Jika device Android kalian di root maka garansi device Android kalian tidak berlaku lagi kecuali jika device kalian di unroot maka garansinya masih berlaku.
  2. Keamanan, walaupun  masih diperdebatkan, dengan membuka akses secara penuh kemungkinan device Android kalian bisa terinfeksi malware, spam, virus. Tapi dapat diantisipasi dengan menginstall antivirus atau aplikasi malware remover, dan installah aplikasi dari sumber yang terpercaya dan jelas.
Sekian sedikit ulasan tentang Rooting, semoga bermanfaat.

Tag : rooting, root, apa itu root, apa itu rooting, what is root, android, kekurangan dan kelebihan rooting.

Categories:

4 Responses so far.

  1. Anonim says:

    thanks ya infonya !!!

    www.bisnistiket.co.id

  2. This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

Leave a Reply