Label Pemeliharaan
Pada pakaian seperti kemeja, celana, handuk dan lain sebagainya, biasanya tercantum sebuah label pemeliharaan di bagian dalamnya. Label ini berisi simbol-simbol yang menuntun kita dalam memelihara pakaian tersebut agar awet dan tahan lama. Karena setiap pakaian tidak sama bahan kain pembuatnya sehingga diperlukan perlakuan khusus untuk masing-masing jenis kain. Misalnya saja, ada pakaian yang terbuat dari kain nilon, sutera, wol, katun, linen dan lain-lain. Simbol-simbol yang ada di label pakaian ini biasanya juga dilengkapi dengan keterangan singkat yang menjelaskan arti dari simbol-simbol yang tercantum di label tersebut. Simbol-simbol pemeliharaan pakaian ini banyak ragamnya. Simbol-simbol ini biasanya terbagi dalam 7 kelompok, yaitu temperatur, pemutih, pencucian, dry cleaning, pengeringan, pemerasan, dan suhu setrika.

Nah, berikut ini 7 kelompok simbol yang harus diperhatikan dalam merawat pakaian agar awet dan tidak cepat rusak.

1. Simbol Tempuratur
Simbol-simbol tempuratur.
Simbol temperatur menunjukkan suhu atau temperatur yang dibutuhkan atau yang dapat ditolerir oleh pakaian tersebut. Jika tak ada tanda-tanda pada simbol bak berisi air, maka kita mencuci pakaian tersebut dengan suhu normal.

2. Simbol Pemutih
Simbol-simbol Pemutih
Simbol pemutih ini digambarkan dengan segitiga. Jika pada label pakaian terdapat gambar segitiga, berarti kita boleh memakai pemutih. Sedangkan gambar segitiga berwarna hitam disilang artinya kita dilarang untuk memakai pemutih pada pakaian tersebut.

3. Simbol Pencucian
Simbol-simbol pencucian
Kalau pada simbol bak cuci terdapat gambar tangan, berarti pakaian ini dicuci dengan tangan atau manual tidak boleh dengan mesin cuci.

4. Simbol Dryclean
Simbol-simbol Dryclean
Dryclean merupakan cara mencuci untuk menghilangkan noda-noda yang membandel seperti tanah liat, cat atau bahan kimia yang tumpah dan menempel pada pakaian dengan menggunakan sedikit air atau tanpa air sama sekali. Cara mencuci seperti ini dapat membuat warna pakaian pudar dan mengerut. Kalau ada gambar lingkaran, berarti pakaian ini boleh di-drycleaning. Sedangkan jika logo lingkaran tersebut diberi tanda silang artinya pakaian tersebut tidak boleh di-drycleaning.

5. Simbol Pengeringan
Simbol-simbol Pngeringan

Panduan untuk mengeringkan pakaian ini digambarkan dengan logo lingkaran dalam persegi. Pakaian harus dikeringkan dengan suhu rendah bila hanya ada satu titik dalam lingkaran. Sedangkan jika ada tanda silang pada logo, berarti pakaian tidak boleh dikeringkan dengan mesin.

6. Simbol Penyeterikaan
Simbol-simbol Penyeterikaan

Jika ada satu titik di dalam logo setrika, berarti pakaian disetrika dengan suhu rendah. Makin banyak titiknya, makin tinggi derajat suhunya. Bila gambar setrika diberi tanda silang artinya pakaian tidak boleh disetrika.

7. Simbol Pemerasan Pakaian
Simbol Pemerasan

Tidak semua pakaian boleh diperas sehabis dicuci. Bila kita menemukan logo pakaian diperas yang disilang artinya kita dilarang untuk memeras pakaian tersebut.


Semoga info ini bermanfaat bagi teman-teman, terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Categories:

One Response so far.

  1. ijin sedot gan,,udah ane cantumin sumbernya kok

Leave a Reply